Jadwal Puasa 2015 dan Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2015

Posted on 18 Juni 2015

0


jadwal-puasa-2015-dan-jadwal-imsakiyah-ramadhan-2015

Lewat sidang isbat yang telah digelar Selasa, 16 Juni 2015 kemarin oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, diputuskan bahwa 1 Ramadhan 1436 H jatuh pada hari Kamis, 18 Juni 2015.

Bulan Ramadhan itu sendiri adalah satu bulan dalam Islam yang disebutkan memiliki keagungan dan penuh dengan keberkahan. Tidak hanya penuh dengan keberkahan, bulan Ramadhan ini disebut sebagai bulan yang penuh dengan ampunan. Adanya bulan Ramadhan ini adalah salah satu bentuk kasih sayang Allah SWT kepada umat-Nya untuk mengasah jiwa dan membersihkan hati.

Sebagai Muslim yang beriman tentunya bulan Ramadhan ini di isi dengan melaksanakan ibadah puasa (Arab: Shaum). Tak hanya puasa, setiap muslim pun pada bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan ini dianjurkan untuk memperbanyak amal shaleh lantaran dalam bulan Ramadhan ini Allah SWT akan membalas setiap amal shaleh yang dilakukan seorang Muslim dengan pahala yang berlipat ganda. Adapun hukum menjalankan puasa Ramdhan adalah wajib tanpa kecuali bagi setiap Muslim kecuali bagi mereka yang sedang sakit atau tidak mampu menjalankan puasa tersebut. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam surat al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

“Wahai orang-orang yang beriman, berpuasalah kamu sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar menjadi orang yang takwa”.

Ada yang berbeda dengan Ramadhan 1436 H kali ini, setiap Muslim yang ada di Indonesia akan melaksanakan puasa Ramadhan kali secara bersamaan di mulai dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2022 nanti. Begitu juga dengan pelaksanaan Idul Adha yang akan mengalami keseragaman sejak tahun 2016 sampai tahun 2022 nanti. Otomatis dua ormas Islam terbesar di Indonesia seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah yang biasanya berbeda, akan bersamaan pula dalam pelaksanaan puasa kali ini hingga tahun 20122 mendatang.

Rasanya tak sempurna bila ibadah puasa Ramadhan 1436 H kali ini tidak dipandu dengan jadwal Puasa 2015 dan jadwal Imsakiyah Ramadhan 2015. Dengan adanyanya jadwal Ramadhan dan jadwal Imsakiyah ini kita dapat dengan tepat mengetahui waktu shalat dan yang paling utama dengan adanya jadwal puasa Ramadhan dan jadwal Imsakiyah ini kita dapat mengetahui kapan waktu berbuka puasa tiba dan kapan waktu sahur berakhir.

Berikut Kami lampirkan jadwal Puasa 2015 dan jadwal Imsakiyah Ramadhan 2015 Bandung, Jakarta, dan Ciamis yang berhasil dihimpun RancahPost melalui Sistem Informasi Hisab Rukyat Kementerian Agama Republik Indonesia.

Jadwal Puasa dan Imsakiyah Wilayah Bandung dan Sekitarnya

Jadwal Puasa 2015 Imsakiyah Ramadhan Kota Bandung

Jadwal Puasa dan Imsakiyah Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Jadwal Puasa 2015 Imsakiyah Ramadhan DKI Jakarta

Jadwal Puasa dan Imsakiyah Wilayah Ciamis dan Sekitarnya

Jadwal Puasa 2015 Imsakiyah Ramadhan Kab. Ciamis

Posted in: Nasional, News