Aplikasi Android Niat Puasa Anda Hari Ini

Posted on 18 Juni 2015

0


aplikasi-android-niat-puasa-anda-hari-ini

Bulan Ramadan yang telah dinanti umat Islam akhirnya tiba; saatnya untuk menjalankan ibadah puasa. Biasanya, gadget justru menjadi penghalang ibadah. Tidak sedikit orang yang masih sibuk berkutat dengan gadget-nya bahkan saat tiba waktu untuk beribadah. Tetapi, ternyata, ada beberapa aplikasi yang dapat membantu niat Anda berpuasa.

Salah satunya adalah “Puasa Ramadhan 2015”. Aplikasi ini sederhana yang bahkan tak akan meminta data pribadi Anda. Ia terbagi menjadi 6 bagian, yaitu Niat Puasa Esok & Sebulan, Doa Siang & Malam, Doa Berbuka Puasa, Shalat Tarawih & Witir, Doa 1-10 11-20 21-30 dan Niat Puasa 6 & Qadha’. Dari judulnya, Anda sudah pasti bisa menebak apa isi dari masing-masing bagian.

Sayangnya, pada bagian Shalat Tarawih & Witir, aplikasi ini hanya menyertakan lafaz niat shalat dan tidak disertai dengan doa yang perlu dibaca. Meskipun begitu, setidaknya, aplikasi ini sudah menyertakan doa khusus yang dapat diamalkan secara harian. Anda bahkan juga dapat menemukan niat puasa Qadha’, atau puasa untuk membayar “hutang” puasa.

Aplikasi ini akan sangat membantu Anda untuk mengingat niat dan doa yang bisa dibaca saat Ramadan. Bagi Anda yang sudah menjadi orangtua, aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk membantu si kecil menghafal lafaz niat dan doa yang dapat diamalkan di bulan puasa.

Selain aplikasi ini, Anda juga mungkin tertarik dengan aplikasi Jadwal Imsakiyah. Seperti namanya, aplikasi ini khusus untuk membahas waktu imsak. Anda dapat memilih kota di mana Anda berada. Pilihan kota yang ada pada aplikasi ini pun cukup lengkap.

Uniknya, aplikasi ini bahkan menyediakan jadwal imsak – dan waktu shalat – untuk satu tahun penuh. Ia menggunakan kalender Masehi, yang, di satu sisi, memudahkan Anda untuk memeriksa tanggal, di sisi lain, mungkin agak menyulitkan Anda untuk tahu tanggalan Hijriyah.

Selain jadwal imsak dan waktu salat, aplikasi ini juga menyediakan panduan mengenai amalan yang harus dilakukan selama bulan puasa atau hal-hal yang harus Anda jauhi selama menjalankan ibadah puasa. Di sini, Anda juga akan dapat menemukan ketentuan puasa, seperti hal-hal yang bisa membatalkan puasa dan orang-orang yang boleh untuk tidak berpuasa. Keduanya dapat Anda unduh dari Play Store secara gratis.

Selain kedua aplikasi tersebut, Anda dapat menemukan beberapa aplikasi pendukung Ramadan lainnya. Anda bahkan dapat menemukan aplikasi dengan bahasa Inggris.

Posted in: Gadget, Technology