Menu Makan Sahur Sehat dan Baik Untuk di Konsumsi Saat Puasa

Posted on 17 Juni 2015

0


menu-makan-sahur-sehat-dan-baik-untuk-di-konsumsi-saat-puasa

Mungkin bagi sebagian orang tidak terlalu mementingkan tentang menu makan sahur, akan tetapi, memilih menu makan sahur yang tepat nantinya akan membuat puasa kita tidak terganggu oleh lemas atau ngantuk. Untuk membuat tubuh kita merasa tetap fit dalam berpuasa, tentunya kita harus pintar-pintar memilih menu makan sahur yang sehat dan tepat.

Yang pertama kita harus makanan utama untuk sahur yang cukup akan kandungan karbohidrat dan protein, dengan tambahan menu lauk pauk yang cukup akan kandungan gizi dan vitamin yang baik seperti ikan dan daging. Karena karbohidrat dan protein sangat berguna untuk menambah energy kita dalam berpuasa.

Contoh kecil yang mungkin dianggap sepele oleh kita adalah sahur dengan menu makanan yang dihangatkan sisa dari menu berbuka puasa. Hal tersebut dianjurkan untuk tidak dilakukan, pasalnya makanan yang sudah melalui tahapan pemasakan beberapa kali tentunya akan mengurangi kandungan gizi dan vitamin dalam makanan tersebut, yang bisa menyebabkan puasa kita menjadi terganggu. Dengan begitu kita harus berusaha untuk menyajikan menu sahur dengan makanan yang segar dan baru dimasak agar kandungan gizi didalamnya tetap ada.

Dalam memilih lauk pauk untuk sahur kita dianjurkan menghindari menu makanan yang berlemak seperti gorengan atau yang berkuah santan, karena tubuh kita akan berat untuk mencerna makanan tersebut yang berdampak pada tubuh kita akan banyak mengeluarkan cairan serta keringnya tenggorokan, sehingga kita akan cepat merasakan dehidrasi.

Selain menahan rasa lapar selama berpuasa, mungkin rasa hauslah yang paling sulit untuk ditahan. Maka agar kita bisa terhindar dari rasa haus dan dehidrasi selama berpuasa, cobalah sesering mungkin untuk minum air putih di waktu sahur, berbuka dan di sela-sela berbuka dan makan sahur, karena air juga merupakan salah satu sumber energy bagi tubuh kita. Sebagai pelengkap kita juga bisa meminum susu di waktu sahur agar kita tetap bugar.

Di waktu sahur, kita dianjurkan untuk menghindari makanan yang manis-manis, pasalnya makanan manis hanya cocok untuk menu berbuka puasa saja, namun untuk di makan disaat sahur justru hal tersebut akan membuat kita akan merasa cepat lapar dan haus. Kita bisa menggantinya dengan mengkonsumsi buah buahan yang kaya akan serat alami sebagai sumber vitamin yang baik bagi tubuh kita.

Sebagai penutup, kita harus ingat janganlah makan berlebihan di saat kita sahur, karena selain tidak baik dari segi agama, ternyata bagi tubuh kita juga tidak baik. Karena jika makan berlebihan nantinya akan menyebabkan tubuh kita cepat merasa lemas sehingga akan menyebabkan terganggunya puasa kita. Oleh karena itu makanlah secukupnya dan SELAMAT BERPUASA.

Posted in: Lifestyle