Liang Lahat untuk Terpidana Mati Zainal Abidin Lebih Besar

Posted on 29 April 2015

0


Liang-Lahat-untuk-Terpidana-Mati-Zainal-Abidin-Lebih-Besar

Sadim baru saja selesai menggali liang lahat di pemakaman umum Karangsuci, Cilacap. Ia mendapat pesanan liang lahat dari kepolisian pada Senin kemarin. “Katanya untuk pemakaman Zainal Abidin yang akan dieksekusi mati,” kata Sadim, koordinator pengurus pemakaman Karangsuci, Selasa, 28 April 2015.

Liang lahat yang dibuatnya lebih besar dibanding biasanya. Menurut dia, liang lahat dibuat besar karena untuk peti mati.

Aura detik-detik eksekusi makin terasa sejak sore. Terutama setelah pukul 14.00, batas terakhir keluarga untuk menjenguk terpidana mati.

Adik terpidana mati Andrew Chan, Michael Chan, setelah dari Nusakambangan mengatakan ia kembali mengetuk hati Presiden Jokowi untuk menghentikan eksekusi mati sembilan terpidana ini. “Saya minta kepada Presiden dan rakyat Indonesia agar memaafkan kesalahan saudara kami,” ucap Chan.

Menurut dia, Andrew mempunyai keluarga yang sangat menyayanginya. Ia berharap tidak akan ada lagi pembunuhan oleh negara.

Adapun adik terpidana mati lainnya Myuran Sukumuran, Chintu Sukumuran, mengatakan, jika Jokowi punya hati, ia akan menghentikan eksekusi mati sembilan terpidana ini. “Siapa saja yang punya hati, semoga Tuhan mengampuni,” ujarnya.

Ia minta sekali lagi kepada Presiden untuk menghentikan eksekusi. Ia menilai saudaranya sudah berubah. “Tolong stop kekejaman dan pembunuhan ini,” tuturnya. Menurut dia, seharusnya tidak ada lagi pembunuhan oleh negara terhadap siapa saja. “Tidak hanya di Indonesia, tapi seluruh dunia. Stop pembunuhan.”

Raji Sukumaran, ibunda Myuran Sukumuran, mengatakan akan tetap datang ke Nusakambangan untuk mendampingi anaknya. “Saya akan tetap mendampingi anak saya. Kepada Presiden, tolong jangan bunuh anak saya malam ini,” katanya.

Sedangkan sepupu terpidana mati asal Brasil Rodrigo Gularte, Angelica, juga membawa poster kecil bertuliskan, “Jangan bunuh Rodrigo.”

Rohaniwan Islam, Hasan Makarim, mengatakan ia sudah mendapat surat untuk mendampingi terpidana mati yang beragama Islam. “Suratnya sudah diberikan,” ujarnya.

Ditandai:
Posted in: Nasional, News