Kamis Putih, Paus Francis Pimpin Misa di Penjara

Posted on 3 April 2015

0


Kamis-Putih-Paus-Francis-Pimpin-Misa-di-Penjara

Paus Francis melakukan perjalanan ke Roma untuk bertemu para tahanan penjara Rebibbia dan merayakan Misa Perjamuan Tuhan pada hari Kamis Putih (2/3). Paus akan membasuh kaki 12 narapidana terpilih dari Penjara Rebibbia laki-laki dan pusat-pusat penahanan perempuan. Liturgi tersebut mengingatkan akan perjamuan terakhir Yesus dengan murid-murid-Nya pada sehari sebelum penyaliban Yesus.

Paus Francis memang terkenal sering melakukan gebrakan layanan di luar kebiasaan tradisional gereja atau basilika. Dilansir Radio Vaticana, kejadian tersebut bukanlah untuk pertama kalinya.

Sebelumnya, pada peringatan Kamis Putih 2013, tak lama setelah terpilih, Paus Francis membasuh kaki remaja putra dan putri pelaku kejahatan di pusat tahanan remaja di Roma, Casal del Marmo.

Tahun 2014, saat misa Kamis Putih, Paus Francis memimpin misa dan ritual pembasuhan kaki di fasilitas rehabilitasi orang tua dan orang cacat di pinggiran kota.

Dalam acara yang berlangsung di Penjara Rebibbia kemarin, sekitar 150 tahanan laki-laki dan 150 tahanan perempuan yang terpilih untuk misa di kapel menyambut antusias kedatangan Paus Francis. Mereka semua merayakan malam Kamis Putih bersama sang Paus.

Sementara itu, sebanyak 400 orang lainnya mengikuti misa dari luar. Relawan dan staf penjara menonton misa dari televisi-televisi layar lebar yang dipasang di sekitar lokasi.

Ditandai:
Posted in: Dunia, News