Google Doodle rayakan 90 tahun peragaan TV Mekanik

Posted on 26 Maret 2015

0


google-doodle-rayakan-90-tahun-peragaan-tv-mekanik

Google menampilkan logo terbarunya dengan tema mekanik sebagai perayaan ulang tahun Televisi Mekanik yang ke-90, sejak diperagakan pertama kali oleh John Logie Baird di London pada 25 Maret 1925 silam. TV ini merupakan cikal bakal lahirnya televisi di dunia.

TV Mekanik muncul pada tahun 1920-an hingga 1930-an oleh John Logie Baird dan Charles Francis Jenkins yang menggunakan piringan karya Paul Nipkow untuk menciptakan suatu sistem dalam penangkapan gambar, transmisi, serta penerimaannya. Hal ini kontras dengan teknologi modern televisi, yang menggunakan metode pemindaian elektronik.

Meski teknologi mekanik ini tidak menghasilkan gambar berkualitas tinggi, namun teknologi ini tetap populer dan banyak digunakan oleh stasiun radio siaran percobaan televisi program. Sistem mekanis-scan sebagian besar digantikan oleh teknologi elektronik-scan pada akhir 1930-an, yang digunakan dalam siaran televisi sukses secara komersial pertama yang dimulai pada akhir 1940-an.

Vladamir Zworykin, yang merupakan salah satu dari beberapa pakar pada masa itu, mendapat bantuan dari David Sarnoff, Senior Vice President dari RCA [Radio Corporation of America] dalam mengembangkan TV mekanik, dan meramalkan TV elektronik akan mempunyai masa depan komersial yang lebih baik. Insinyur lain, Philo Farnsworth, juga berhasil mendapatkan sponsor untuk mendukung idenya, dan ikut berkompetisi dengan Vladimir.

Peringatan ini dibungkus dalam video yang kemudian diunggah ke situs berbagi video YouTube, Rabu (25/3). Video yang berdurasi hampir 2 menit tersebut berjudul ‘TV Mekanik Google Doodle,Ulang Tahun ke-90 Peragaan TV Mekanik Pertama’.

Dalam video tersebut, dijelaskan secara singkat sejarah lahirnya TV Mekanik, dengan diselingi beberapa gambar peragaan pertama TV ini pada 90 tahun yang lalu. Bahkan pengguna YouTube juga disuguhkan dengan beberapa ilustrasi mengenai cara membuat TV Mekanik dan alur pemindaian gambar sampai gambar tersebut ditampilkan.

Ditandai:
Posted in: Dunia, News